Lentera Kehidupan – 6 November 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

人間道場好修行
Melatih Diri di Tengah Masyarakat

Sinopsis:
Dahulu, kehidupan Tang Feng-mao hanya berada dalam lingkup yang kecil, yaitu dengan teman-teman lamanya. Beliau merasa tak memiliki harapan apa pun dan terus merasa sangat terpuruk. Beliau menjalani kehidupan bagaikan mayat hidup yang sangat tak bermakna. Setelah mengenal Tzu Chi, beliau menjalani kehidupan yang sangat berbeda. Meski tahun ini beliau sudah berusia 85 tahun, beliau telah mendapat air Dharma dari Master. Beliau merasakan kehidupan yang dipenuhi sukacita dalam Dharma sepanjang hidupnya. Datang ke Aula Jing Si Wanhua untuk mendengar ceramah pagi Master sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidupnya. Awalnya, karena beliau tak bisa mengerti dialek Taiwan, beliau jadi tak ingin datang. Namun, setelah sekian lama mendengar ceramah Master, beliau maksimal hanya mengerti 80 persen dan untuk mengerti 20 persennya lagi, beliau akan terus berusaha hingga hari terakhir dalam hidupnya.

Kita harus belajar Dharma dan terjun ke tengah masyarakat dengan Bodhicitta. Jika kita terjun ke tengah masyarakat dengan Bodhicitta, noda batin akan jauh dari pikiran kita. Begitu kita kehilangan Bodhicitta, noda batin akan segera datang lagi.

Di dalam dunia yang penuh kekeruhan ini, kita harus kembali pada kesadaran hakiki kita. Caranya, kita harus memurnikan batin agar selalu mengarah pada hakikat sejati. Kita harus terus mengubah delusi menjadi kesadaran. Saat delusi berubah menjadi kesadaran, itulah Bodhi.

發心入群磨習氣
Bertekad untuk bersumbangsih di tengah masyarakat guna melatih diri

轉化煩惱趣菩提
Mengubah noda batin dan menuju Bodhi

如蓮盛開污泥中
Bagaikan bunga teratai yang bermekaran di tengah air berlumpur

皈向清淨心恆持
Kembali ke sifat hakiki yang murni untuk selamanya

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle :
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/Oa5WaSD21JI
www.lenterakehidupan.com