Lentera Kehidupan – 11 Juni 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

信解茹素布善種
Bervegetaris dan Menanam Benih Kebajikan

Sinopsis:
Tindakan kecil yang sederhana dalam keseharian dapat berpengaruh besar, terlebih sesuatu yang dijalankan dengan tekad. Sesungguhnya, buah atau akibat apa yang dihasilkan bergantung pada pikiran kita. Jadi, kita harus selalu menjaga pikiran dengan baik. Kita harus meningkatkan keyakinan dan pemahaman. Dengan memiliki keyakinan dan pemahaman atas makna ajaran Buddha, pikiran kita akan dipenuhi keyakinan dan pemahaman mendalam yang membuat kita dapat senantiasa membangkitkan niat baik. Dengan senantiasa memiliki niat baik, segala tindakan yang kita lakukan akan selalu menjalin jodoh baik. Inilah yang disebut melatih diri.

Sebagaimana benih yang ditanam, sejalan dengan kondisi yang ditemui, demikianlah buah yang akan dituai. Jika dapat bersikap mawas diri, maka dalam tindakan dan ucapan, kita tak akan membuat kesalahan. Ini karena kita selalu mengingatkan diri sendiri bahwa sebersit niat, sepatah ucapan, dan sebuah tindakan tak lepas dari hukum karma. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak sulit untuk mempelajari kebenaran. Kita dapat memahami kebenaran lewat segala hal yang kita temui.

Jika dapat menyelami segala yang terjadi dalam keseharian, kita akan memahami hukum sebab akibat secara sederhana. Kita harus menggenggam waktu saat ini untuk memahaminya agar wawasan kita bertambah, ajaran Buddha dapat meresap ke dalam hati, serta kita dapat mengubah kesadaran menjadi kebijaksanaan dan senantiasa menanam benih baik di dalam batin. Dengan demikian, barulah kelak kita dapat bertemu jalinan jodoh baik dalam kehidupan.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 11 Juni 2018:

因緣果報起於心
Hukum sebab akibat bergantung pada pikiran

信解茹素淨源頭
Meyakini dan memahami tujuan bervegetaris

資源回收勤落實
Menyosialisasikan gerakan daur ulang di masyarakat

觸事會理布善種
Menanam benih baik dalam kehidupan sehari-hari

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/1Wnm6hXsV9E
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/HFkbZKYM0uM

Lentera Kehidupan