Lentera Kehidupan – 2 Mei 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

莊嚴願行修己德
Melatih Diri demi Menjalankan Ikrar Agung

Sinopsis:
Akibat kekeringan berkepanjangan, warga Gansu kekurangan air. Pada tahun 1998, insan Tzu Chi pergi ke sana untuk melakukan survei dan merencanakan pembangunan tempat penampung air. Hingga tahun 2009, Tzu Chi telah membangun hampir 20.000 tempat penampung air di enam kabupaten di Gansu. Tempat penampung air itu dapat digunakan untuk menampung air hujan ataupun lelehan salju. Namun, beberapa tahun kemudian, akibat perubahan iklim, hujan tak kunjung turun. Kondisi kehidupan warga sangat mengkhawatirkan. Karena itu, Tzu Chi memutuskan untuk merelokasi warga ke kaki gunung di sekitar Sungai Kuning. Selain membangun rumah, Tzu Chi juga membangun sekolah. Lokasi Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi berdekatan dengan pabrik. Kini warga bisa bekerja di pabrik dan menanam tanaman bernilai tinggi, seperti goji. Jadi, masalah pendidikan dan pekerjaan teratasi, kondisi kehidupan warga pun membaik.

Pada tanggal 25 April 2015, Nepal diguncang gempa bumi yang mengakibatkan banyak rumah dan vihara rusak serta ribuan orang terluka atau tewas. Ada satu vihara yang bernama Vihara Thrangu Tara yang meminta bantuan Tzu Chi untuk melakukan perbaikan. Saat itu, Master memercayakan tugas ini pada insan Tzu Chi Malaysia. Pada tanggal 25 April lalu, vihara tersebut telah diresmikan kembali. Insan Tzu Chi Malaysia juga diundang untuk menghadiri peresmian vihara tersebut.

Di dunia yang mengalami fase terbentuk, berlangsung, rusak, dan hancur ini, kita bisa saja dilanda bencana yang sangat serius. Karena itu, kita harus senantiasa waspada dan mengasihi alam. Kita harus berkontribusi bagi alam karena hidup kita bergantung pada alam. Menghormati alam adalah cara terbaik untuk membalas kebaikan alam dan merupakan tanggung jawab semua orang.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 02 Mei 2018:

援建水窖復遷村
Membangun tempat penampung air dan merelokasi warga

安居樂業享天倫
Hidup tenteram dan bahagia bersama keluarga

重修古寺慶啟用
Membantu memperbaiki vihara dan menghadiri upacara peresmian

莊嚴願行修己德
Melatih diri demi menjalankan ikrar agung

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/vocVAaF_kDU
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/MBOQhD5T0LE

Lentera Kehidupan