Lentera Kehidupan – 23 April 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

六度萬行慧為導
Menjalankan Praktik Enam Paramita dengan Kebijaksanaan

Sinopsis:
Bencana gempa bumi di Haiti hingga kini sudah delapan tahun berlalu. Pascagempa, insan Tzu Chi terus membagikan beras hingga kini. Namun, setelah beberapa tahun, apakah ada perubahan di sana? Insan Tzu Chi tidak ingin hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga ingin mengubah keadaan. Salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan kerja. Pascagempa, banyak proyek pembangunan yang sedang berjalan sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja. Karena itu, Tzu Chi memberi mereka keterampilan profesional dengan harapan dapat mengubah kondisi hidup mereka.

Baik bersumbangsih dengan tenaga, pikiran, maupun dengan memberi bantuan materi, asalkan kita memiliki niat untuk berdana dan bersedia untuk bersumbangsih, maka praktik dana ini dapat dijalankan dengan sempurna. Namun, niat berdana tidak timbul semudah itu karena manusia dipenuhi tiga racun atau lima kekeruhan yang sangat sangat merugikan. Ketamakan manusia tiada batasnya. Manusia selalu ingin memiliki lebih banyak. Setelah mendapat lebih banyak, manusia akan semakin merasa tidak cukup. Sebaliknya, bagi yang kurang beruntung, mereka tidak menuntut banyak.

Di Haiti juga ada kompleks badan misi Tzu Chi. Tim teknik dari OECC membantu Tzu Chi dalam banyak hal di sana. Badan misi Tzu Chi dan kantor OECC berada di dalam kompleks yang sama. Itu adalah kantor perwakilan Tzu Chi di Haiti. Di sana, para relawan mengadakan kegiatan bedah buku, mengikuti pelatihan relawan, mempelajari tata krama Tzu Chi, dan sebagainya.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 23 April 2018:

六度萬行慧為導
Menjalankan praktik Enam Paramita dengan kebijaksanaan

供糧育才轉人生
Membimbing warga dengan bantuan materi dan pendidikan

發心布施貧中富
Bertekad untuk berdana meski hidup kekurangan

安住海地弘大悲
Menyebarkan semangat welas asih di Haiti

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/0Vx4SXL4-dc
Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/VZX7rWMfhig

Lentera Kehidupan