Lentera Kehidupan – 18 Mei 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

悲智雙運護蒼生
Melindungi Semua Makhluk dengan Welas Asih dan Kebijaksanaan

Sinopsis:
Di Ekuador, insan Tzu Chi masih terus menjalankan program bantuan lewat pemberian upah. Banyak orang yang turut berpartisipasi karena menyadari bahwa dengan demikian, mereka dapat memulihkan kampung halaman dan kondisi ekonomi mereka. Dengan mengikuti program bantuan Tzu Chi, warga setempat bukan hanya bisa memperoleh upah, tetapi juga bisa membersihkan lingkungan mereka. Jadi, mereka bisa memperoleh dua manfaat sekaligus.

Pada bulan Agustus tahun lalu, Myanmar dilanda banjir besar. Karena itu, insan Tzu Chi membagikan bibit padi kepada petani setempat yang hidup kekurangan. Begitu menerima bantuan Tzu Chi, warga setempat langsung membalas budi dengan menyisihkan segenggam beras setiap kali akan memasak untuk menolong sesama tanpa menunggu bibit padi yang diterima membuahkan hasil. Ini membuktikan bahwa kekayaan batin mereka telah terbangkitkan. Dengan semangat memenuhi lumbung padi dengan butiran beras, mereka bisa menolong banyak orang yang membutuhkan.

Seorang kakek datang ke unit gawat darurat RS Tzu Chi Taipei seorang diri. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter mendapati bahwa tumor otak kakek itu telah pecah dan harus segera dioperasi. Perlahan-lahan, kakek itu mulai kehilangan kesadarannya. Sesungguhnya, untuk menjalankan operasi bagi kakek itu, dibutuhkan persetujuan dari keluarganya. Namun, berhubung kakek itu tidak didampingi oleh siapa pun dan nyawanya akan terancam jika tidak segera dioperasi, maka dokter pun memutuskan untuk menjalankan operasi baginya. Tzu Chi juga terus berusaha mencari anggota keluarga kakek itu hingga akhirnya menemukan kerabatnya yang telah belasan tahun kehilangan kontak. Kini kakek tersebut masih dalam tahap pemulihan. Inilah dokter Tzu Chi. Mereka menggunakan welas asih dan kebijaksanaan untuk menyelamatkan nyawa pasien.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 18 Mei 2016:

剎那生變難預知
Bencana selalu datang dalam sekejap dan tidak dapat diprediksi

以工代賑再復甦
Memulihkan sendi kehidupan korban bencana dengan program bantuan lewat pemberian upah

愛心醫療人為本
Memberikan pengobatan dengan penuh cinta kasih dan mengutamakan pasien

悲智雙運護蒼生
Melindungi semua makhluk dengan welas asih dan kebijaksanaan


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/t50Cfl0fpKM

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/1Tjvfzc

Lentera Kehidupan