Lentera Kehidupan – 10 Maret 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib

誠之情誼拔苦難
Melenyapkan Penderitaan dengan Ketulusan Kasih Sayang

Sinopsis:
Akibat ketidakselarasan unsur air, banyak negara yang dilanda kekeringan sehingga bahan pangan tidak dapat bertumbuh. Jadi, selain kekurangan air, warga setempat juga kekurangan makanan. Selain bencana alam, manusia juga menderita akibat ulah manusia. Kini jumlah pengungsi di negara-negara Eropa sudah membeludak. Banyak negara yang memperketat penjagaan di perbatasan karena tidak mampu lagi menampung arus pengungsi. Akibatnya, banyak pengungsi yang terjebak di perbatasan Makedonia.

Di Serbia, seorang dokter bernama Peter dari Slovakia juga turut membantu di hari libur. Karena itu, insan Tzu Chi berkata bahwa relawan yang memberikan bantuan di Serbia berasal dari 12 negara dan wilayah. Pada hari ketujuh, barang bantuan yang dibagikan kepada para pengungsi baru sekitar 1.000 paket. Awalnya, insan Tzu Chi berencana membagikan 10.000 paket dalam sepuluh hari. Namun, kini mereka berencana untuk melanjutkan pembagian bantuan dan mulai mengajak warga untuk berpartisipasi dengan pemberian upah.

Di Yordania juga terdapat banyak pengungsi. Relawan Ji Hui mengajak para penerima bantuan Tzu Chi menghadiri acara ramah tamah di rumahnya. Mereka juga diundang untuk berbagi kesan dan pengalaman. Di antara mereka, ada seorang anak. Saat tengah dilahirkan, terjadi serangan bom di Suriah. Dokter yang membantu persalinan merasa panik sehingga tidak sengaja mematahkan kakinya. Setelah keluarga ini mengungsi ke Yordania dan insan Tzu Chi mengetahui kondisi mereka, insan Tzu Chi segera meminta seorang dokter untuk membantu menangani anak tersebut. Dengan demikian, anak itu tidak akan cacat saat besar nanti.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 10 Maret 2016:

四大不調人禍慘
Bencana alam dan ulah manusia membawa penderitaan

氣候變遷欠糧食
Perubahan iklim memicu terjadinya kekurangan pangan

進出自如濟難民
Para relawan membantu para pengungsi dengan leluasa

誠之情誼拔苦難
Kasih sayang yang tulus melenyapkan penderitaan


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/AuXKD75CGK8

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/1QJSBjE

www.lenterakehidupan.com