Lentera Kehidupan – 15 Maret 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib

開闊自心利蒼生
Melapangkan Hati untuk Membawa Manfaat bagi Sesama

Sinopsis:
Di Yordania, insan Tzu Chi telah mencurahkan perhatian bagi pengungsi Suriah selama lima tahun dan masih melanjutkannya hingga kini. Berhubung kini Yordania sudah tidak dapat membuka pintu perbatasan bagi semua pengungsi, maka para pengungsi tertahan di perbatasan. Mereka kedinginan dan kelaparan di sana. UNHCR meminta bantuan kepada insan Tzu Chi karena merasa tidak tega melihat kondisi para pengungsi. Namun, saat tiba di perbatasan, insan Tzu Chi tidak diizinkan masuk karena penjaga di sana tidak menerima informasi itu. Setelah melakukan koordinasi, akhirnya penjaga di sana mengizinkan insan Tzu Chi masuk, bahkan membantu mereka membagikan barang bantuan kepada para pengungsi. Meski insan Tzu Chi di Yordania tidak banyak, tetapi mereka telah menolong banyak orang.

Di Turki, insan Tzu Chi dan relawan Suriah bekerja sama untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak pengungsi dari Suriah. Mereka berusaha untuk melenyapkan rasa benci dan membangkitkan cinta kasih di dalam hati anak-anak. Anak-anak itu diberi tahu bahwa meski mereka menerima bantuan dari orang lain, mereka juga dapat menolong orang lain. Karena itu, saat mendengar bahwa Tainan, Taiwan diguncang gempa bumi, anak-anak itu beserta orang tua mereka turut berdonasi dan berdoa bagi para korban gempa bumi. Inilah lingkaran cinta kasih.

Bencana akibat ulah manusia terjadi karena konflik antarmanusia yang ditimbulkan oleh kegelapan dan noda batin. Konflik antarmanusia di beberapa negara membuat warga setempat terpaksa mengungsi. Namun, di mana pun konflik antarmanusia terjadi dan ke mana pun orang-orang yang menderita mengungsi, asalkan ada insan Tzu Chi, mereka pasti akan bersumbangsih dengan cinta kasih dan tenaga mereka. Insan Tzu Chi selalu bekerja sama dengan harmonis untuk bersumbangsih di tengah masyarakat.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 15 Maret 2016:

師徒同志拔苦難
Guru dan murid memiliki kesatuan tekad untuk melenyapkan penderitaan

耐心毅力達使命
Menuntaskan misi dengan kesabaran dan keuletan

怨消愛增善循環
Menciptakan siklus kebajikan dengan melenyapkan rasa benci dan membangkitkan cinta kasih

調御自心染轉淨
Menyelaraskan pikiran dan menyucikan hati diri sendiri


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/sGdcW0-DpEY

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/1pIHoFW

www.lenterakehidupan.com