Lentera Kehidupan – 03 Juni 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib
人間菩薩勤修行
Bodhisattva Dunia Giat Melatih Diri

Sinopsis:
Insan Tzu Chi selalu bersumbangsih bagi orang-orang yang membutuhkan. Selain memberikan bantuan, insan Tzu Chi juga menginspirasi butir demi butir benih cinta kasih. Setelah mendengar bahwa Tzu Chi mampu menolong mereka berkat himpunan cinta kasih dari banyak orang, para penerima bantuan pun menyadari bahwa mereka juga bisa melakukan hal sama. Dengan membina kesabaran dan cinta kasih untuk menyisihkan sedikit demi sedikit uang, mereka juga dapat menolong sesama. Dengan cara inilah insan Tzu Chi menginspirasi benih-benih cinta kasih.

Di Malaysia, ada seorang anak perempuan bernama Ye Zhou-yu yang bervegetaris dari usia empat tahun hingga sekarang duduk di bangku kelas dua SD. Dia bervegetaris untuk menyelamatkan hewan. Dia berkata bahwa dia akan bervegetaris hingga berusia 1.000 dan 10.000 tahun. Ini berarti dia berikrar untuk bervegetaris dari kehidupan ke kehidupan. Lewat anak-anak yang pikirannya masih murni dan tidak ternodai, kita bisa melihat sifat hakiki manusia yang bajik. Akan tetapi, seiring pertumbuhan manusia, banyak godaan dan jebakan yang akan menghampiri. Karena itu, setiap orang harus memiliki tekad yang teguh, baru bisa bertahan untuk selamanya.

Master berkata bahwa makhluk berkesadaran harus giat melatih diri. Setiap orang hendaknya mempelajari ajaran Mahayana dengan tekun dan bersemangat. Ajaran Buddha harus dipelajari setiap hari meski hanya satu kalimat atau satu Gatha di dalam Sutra. Dengan adanya Dharma di dalam hati, kita akan senantiasa merasakan sukacita. Sulit untuk terlahir sebagai manusia dan mendengar ajaran Buddha. Karena itu, setiap orang hendaknya lebih bersungguh hati.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 03 Juni 2016:

巡迴義診善萌芽
Mobil layanan kesehatan Tzu Chi menumbuhkan benih kebajikan

菩薩農夫耘心田
Bodhisattva menggarap ladang batin bagaikan petani

童心真純見本性
Melihat sifat hakiki manusia lewat kemurnian pikiran anak-anak

覺有情者勤修行
Makhluk yang berkesadaran giat melatih diri


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/FJWsCOdNyAA

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/1Pe6sLg

http://www.lenterakehidupan.com