Lentera Kehidupan – 25 Maret 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib

見苦覺省多造福
Berintrospeksi Diri dan Menciptakan Berkah

Sinopsis:
Di Yordania, insan Tzu Chi dan anggota TIMA menggelar baksos kesehatan bagi para pengungsi dari Suriah. Dengan penuh kehangatan, mereka mencurahkan perhatian kepada para pengungsi. Begitu pula dengan Tzu Chi Indonesia. Di Indonesia, baksos kesehatan telah digelar sebanyak 111 kali. TIMA di Sanzhi, Taiwan juga telah mencurahkan perhatian kepada lansia yang hidup sebatang kara dan pasien kurang mampu dalam jangka panjang. Para anggota TIMA berusaha untuk melenyapkan penderitaan para pasien. Inilah kekuatan cinta kasih.

Di Afrika, banyak orang yang hidup menderita. Untuk mengambil air, perempuan dan anak-anak harus menempuh jarak sejauh enam kilometer yang menghabiskan waktu selama enam jam. Setiap kali perjalanan, mereka hanya bisa membawa tiga liter air. Selain itu, air yang mereka peroleh juga tidak bersih sehingga banyak orang yang jatuh sakit setelah meminumnya. Semua orang di seluruh dunia hendaknya menghargai sumber daya air. Janganlah kita memboroskan air karena merasa kita mampu membayarnya. Jika sumber daya air di bumi benar-benar habis, bagaimana kita bisa bertahan hidup?

Di Taoyuan, Relawan Xiao Su-jing dan suaminya menyumbangkan lahan seluas 2.000 meter persegi untuk mendirikan posko daur ulang. Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam kegiatan daur ulang. Dahulu, mereka membeli apa saja yang mereka sukai karena dapat menghasilkan uang dengan mudah. Meski sudah memiliki segalanya, mereka tetap merasa kurang. Setelah bergabung dengan Tzu Chi, mereka menyadari keborosan mereka dahulu. Kini, mereka sudah bisa berbagi dengan sesama. Dengan mengerahkan kekuatan cinta kasih, mereka merasa bahagia dan tenang setiap hari. Mereka telah mengembangkan nilai hidup mereka. Untuk mengembangkan nilai hidup, kita harus menggenggam waktu.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 25 Maret 2016:

人禍紛亂當醒悟
Setiap orang hendaknya memiliki kesadaran di tengah pergolakan masyarakat

溫馨義診為拔苦
Menggelar baksos dengan penuh kehangatan demi melenyapkan penderitaan pasien

善用物資惜水源
Menghemat sumber daya dan menghargai air

見苦覺省多造福
Berintrospeksi diri dan menciptakan berkah setelah melihat penderitaan


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/tly8RmVp29s

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/1pA9nHt

www.lenterakehidupan.com