Lentera Kehidupan – 17 Juni 2019
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

意根清淨遍功德
Menyucikan Pikiran untuk Menciptakan Pahala

Sinopsis:
Kemarin, Master melihat contoh bangunan rumah rakitan sementara yang akan didirikan di Afrika Timur. Para relawan merakit rumah itu untuk diperlihatkan kepada Master. Bangunannya sangat kukuh dan nyaman.

Pada tahun 1993, di Nepal terjadi banjir besar. Saat itu, Tzu Chi menyerukan kepada semua orang untuk mengulurkan bantuan ke tempat kelahiran Buddha tersebut. Banyak orang yang memberikan tetes-tetes sumbangsih dengan antusias. Saat itu, bencana di sana sangat parah. Tzu Chi memutuskan untuk membangun rumah bagi warga di empat desa di tiga kabupaten dengan jumlah 1.800 unit. Tahun 2015, Nepal diguncang gempa besar. Tzu Chi kembali menyalurkan bantuan ke sana. Insan Tzu Chi juga meninjau kondisi perumahan yang Tzu Chi bangun dahulu karena khawatir rumah yang dibangun lebih dari 20 tahun lalu itu terkena dampak gempa. Ternyata, ada warga yang masih ingat kepada insan Tzu Chi. Pascagempa, rumah-rumah itu masih berdiri dengan kukuh. Master sangat terhibur mendengarnya.

Sejak dahulu hingga kini, Master selalu memberi insan Tzu Chi arahan untuk melangkah dengan keyakinan, ikrar, dan praktik nyata. Insan Tzu Chi telah menjalankan isi Sutra dalam kehidupan sehari-hari. Insan Tzu Chi senantiasa berjalan di dalam Sutra dan terus membuka jalan sesuai Sutra.

Kitab sejarah Tzu Chi memiliki cakupan yang luas. Di satu sisi, Tzu Chi menolong orang-orang yang menderita. Di sisi lain, Tzu Chi menyucikan hati manusia di tengah masyarakat dengan menghimpun hati dan cinta kasih setiap orang. Banyak orang bersatu hati untuk bersumbangsih dan menghimpun cinta kasih semua orang. Inilah yang Tzu Chi jalankan hingga kini di seluruh dunia. Insan Tzu Chi sungguh luar biasa.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 17 Juni 2019:

足踏經道履信願
Mempraktikkan Sutra dengan keyakinan dan ikrar

守誠堅實如常行
Mempertahankan ketulusan dan keteguhan

莫忘初心聚眾志
Senantiasa mengingat tekad awal

意根清淨遍功德
Menyucikan pikiran untuk menciptakan pahala

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/6FuOHUEIuhY
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/k0WOLirBdAk
www.lenterakehidupan.com