Lentera Kehidupan – 17 Desember 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

如法修持破迷網
Melatih Diri dan Mengurai Jaring Kesesatan

Sinopsis:
Di Melaka, Malaysia, Kakek Jiang yang berusia 74 tahun dan mengalami strok hidup dengan memulung bersama adiknya yang mengalami keterbelakangan mental. Rumahnya sangat kotor dan berantakan. Karena itu, insan Tzu Chi berkunjung ke rumahnya untuk mencurahkan perhatian pada mereka. Setelah beberapa waktu dan mendapat kepercayaan dari mereka, insan Tzu Chi baru diizinkan untuk membersihkan rumah mereka.

Akibat kegelapan batin, manusia melakukan berbagai perbuatan yang membawa pada kesesatan. Berbagai hal dan masalah telah menambah tebal jaring dan kegelapan batin ini sehingga kita memelihara tabiat buruk. Kegelapan batin dan tabiat ini tidak semata-mata berasal dari luar diri, melainkan juga terpupuk di dalam diri. Untuk mengikis tabiat buruk kita, kita harus melatih diri. Meski kita memutuskan untuk melatih diri, tetapi kita tidak sanggup menahan penderitaan dan tidak dapat mengikis keakuan. Kita tidak mampu mengendalikan diri dan tidak mampu menahan godaan dari luar. Jadi, jaring ini membelenggu dari luar dan dalam sehingga diri kita semakin tersesat.

Kita telah mempelajari ajaran Buddha dan memahami hukum sebab akibat. Jadi, kita harus meyakinkan diri sendiri untuk menggarap ladang batin dan menyebarkan benih kebajikan. Kita harus melatih diri sesuai Dharma, yakni mengubah tabiat buruk masa lalu. Kita harus sungguh-sungguh mempraktikkan Dharma dan senantiasa melatih diri.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 17 Desember 2018:

內外相應纏自心
Belenggu batin datang dari dalam dan luar diri

五濁惡世落網人
Dunia telah dipenuhi lima kekeruhan

如法修持改習氣
Melatih diri sesuai Dharma untuk mengubah tabiat buruk

撒播善種自耕耘
Menyebarkan benih kebajikan di ladang batin

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/NeazdeZ5Ve4
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/9g0B2FNonI8
www.lenterakehidupan.com