Lentera Kehidupan – 17 Januari 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

Menciptakan Berkah untuk Seluruh Dunia

Sinopsis:
Tahun lalu, bupati Miaoli dan seorang kepala sekolah menemui Master untuk menyampaikan bahwa ada sekolah yang membutuhkan bantuan. Kini, Tzu Chi tengah membantu rekonstruksi enam gedung sekolah di Miaoli. Pemerintah setempat juga memberikan bantuan dana pembangunan. Namun, mereka membutuhkan ruang kelas rakitan untuk sementara waktu. Ruang kelas sementara sungguh tidak kalah dari ruang kelas permanen. Saat mendirikan ruang kelas sementara, Tzu Chi telah mempertimbangkan ancaman topan dan hujan deras sehingga anak-anak bisa belajar dengan tenang di dalamnya. Insan Tzu Chi melakukan semua itu demi pendidikan. Harapan masyarakat bergantung pada insan berbakat. Pembinaan insan berbakat bergantung pada pendidikan.

Beberapa tahun yang lalu, Tzu Chi juga membantu rekonstruksi gedung-gedung sekolah di Pingtung. Rekonstruksi lima gedung sekolah berhasil dirampungkan dalam waktu setahun lebih. Rancangannya sangat indah dan terbuat dari material yang dapat bertahan menghadapi gempa bumi berkekuatan 7,0 hingga 8,0 SR.

Saat berada di tengah kondisi yang sulit, jika ingin tekun dan bersemangat melatih diri, kita harus memiliki hati yang jernih bagaikan air, baru bisa membasahi benih kebajikan dan menumbuhkan jiwa kebijaksanaan. Mazhab Tzu Chi bukan hanya sebuah jalan, tetapi juga bagaikan bumi. Karena itu, Master berharap di seluruh dunia, Bodhisattva bisa bermunculan di negara dan wilayah mana pun. Kekuatan cinta kasih bergantung pada Hexin (bersatu hati), Heqi (harmonis), hu’ai (saling mengasihi), dan Xieli (gotong royong).

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 17 Januari 2017:

社會希望在人才
Harapan masyarakat bergantung pada insan berbakat

人才培養需教育
Pembinaan insan berbakat membutuhkan pendidikan

合和互協菩薩群
Seluruh insan Tzu Chi bersatu hati, harmonis, saling mengasihi, dan bergotong royong

天下一家共福業
Menciptakan berkah untuk seluruh dunia


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle :

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/6YMawu4ME74

Lentera Kehidupan