Lentera Kehidupan – 01 Juni 2016
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

以禮以敬行供養
Memberi Persembahan dengan Rasa Hormat

Sinopsis:
Di Turki, para pengungsi dari Suriah tidak perlu membayar saat berobat ke rumah sakit umum. Namun, mereka tidak bisa berkomunikasi karena kendala bahasa. Akibatnya, pengobatan terus tertunda. Karena itu, Tzu Chi pun mendirikan klinik kesehatan di Turki dan mempekerjakan dokter dari Suriah yang juga mengungsi ke Turki. Kini para dokter itu dapat menolong saudara sebangsa mereka dengan memberikan pelayanan kesehatan di klinik.

Pada tahun 1993, Tzu Chi bekerja sama dengan Medecins du Monde untuk menjalankan program bantuan tiga tahun di Etiopia. Mereka mendirikan dua pusat kesehatan, belasan posko kesehatan, dan tempat penampungan air di sana. Saat itu, warga setempat harus menempuh perjalanan jauh untuk mengambil air. Air yang mereka peroleh merupakan air yang kotor. Berhubung merasa tidak tega, insan Tzu Chi pun mengalirkan air dari pegunungan ke daerah yang populasinya lebih padat. Dengan demikian, warga dapat memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Pascabanjir dua tahun yang lalu di Malaysia, sumbangsih insan Tzu Chi telah menyentuh hati dr. Zazali dan istrinya yang merupakan penganut agama Islam. Saat itu, mereka turut membantu membersihkan surau. Setelah pulang ke Kuala Lumpur, mereka mulai mencari tahu tentang Tzu Chi. Setelah tahu bahwa Tzu Chi telah menggelar baksos kesehatan bagi para pengungsi dalam jangka panjang, pasangan suami istri ini pun memutuskan untuk bergabung menjadi anggota TIMA. Ini menunjukkan bahwa semua agama mengajarkan cinta kasih berkesadaran.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 01 Juni 2016:

同是天涯淪落人
Membantu saudara sebangsa yang merupakan sesama pengungsi

醫病感恩互疼惜
Saling mengasihi dan mengobati pasien dengan penuh rasa syukur

以禮以敬行供養
Memberi persembahan dengan bersikap sopan dan penuh rasa hormat

無分宗教覺有情
Semua agama mengajarkan cinta kasih berkesadaran


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/7OGXzi6sBQo

Youtube with English Subtitle : http://bit.ly/24ik1Ah

http://www.lenterakehidupan.com