Lentera Kehidupan – 23 April 2020
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

萬物共好復安寧
Kembalinya Ketenangan Alam

Sinopsis:
Sebelumnya langit selalu berkabut dan tertutup debu. Kini kita bisa melihat langit biru, awan putih, dan gunung yang hijau. Para ahli meteorologi melaporkan bahwa berhentinya industri, transportasi, serta berbagai aktivitas manusia telah membuat ruang semesta menjadi tenang. Bukan hanya itu, air juga menjadi lebih bersih.

Wabah kali ini juga membawa bencana yang parah bagi India. Jumlah kasus positif COVID-19 di sana sangat banyak. Jumlah pasien meninggal juga tidak sedikit. Jadi, negara terpaksa memberlakukan pembatasan. Akibatnya, seluruh warga masyarakat harus menghentikan berbagai aktivitas.

Sumber dari sumber air, yakni hutan, terus ditebangi. Dengan begitu, fungsi penyerapan air menjadi rusak. Begitu hujan deras turun, air langsung mengalir di permukaan tanah sehingga terjadilah tanah longsor. Ini adalah bahaya bagi umat manusia yang diciptakan oleh manusia sendiri. Manusialah yang menciptakan bahaya ini karena telah menantang dan merusak alam. Agar kehidupan kembali normal, kita harus mengakhiri wabah kali ini. Namun, saat segala aktivitas kembali normal dan perekonomian serta industri kembali berjalan, segala keindahan yang kita lihat dan rasakan selama wabah ini berlangsung akan hilang dengan segera.

Jadi, di dunia ini, keuntungan selalu dibarengi oleh konsekuensi atau kerugian. Untuk memiliki lingkungan yang bersih tanpa polusi serta Bumi dan udara yang terjaga, kita harus mengurangi aktivitas industri dan berbagai kegiatan yang membawa pencemaran. Kita tidak bisa mendapatkan keduanya.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 23 April 2020:

停工禁足虛空靜
Berhentinya berbagai aktivitas membuat dunia menjadi hening

萬物悠遊復安寧
Berbagai satwa kembali hidup bebas dan tenang

了悟危機人自造
Menyadari ancaman yang diciptakan manusia sendiri

利與害間望思量
Menimbang dan berpikir di antara keuntungan dan kerugian

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/BbOu1Lx_xaI
Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/wT8tbJVoGbc
http://www.lenterakehidupan.com