Lentera Kehidupan – 21 November 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

慈悲為室淨人間
Menyucikan Dunia dengan Welas Asih

Sinopsis:
Relawan Handaya dan Komariah bergabung dengan Tzu Chi karena menyaksikan DAAI TV. Meski memiliki kendala bahasa dan komunikasi, tetapi hati mereka sangat lapang. Terlepas dari apa keyakinan mereka, mereka tetap bisa menyatu dengan keluarga besar Tzu Chi dan bersama-sama menapaki Jalan Bodhisattva.

Dalam waktu dua puluhan tahun yang singkat, terutama dalam belasan tahun terakhir, Tzu Chi Indonesia berkembang dan membawa manfaat bagi warga setempat. Dalam pelantikan relawan kali ini, para relawan dengan latar belakang agama yang berbeda-beda mengenakan pakaian seragam yang sama, yaitu “jubah kelembutan dan kesabaran”. Mereka memiliki hati penuh cinta kasih dan welas asih.

Ada pula relawan Tzu Chi Hong Kong yang pernah hidup dalam kesesatan. Kini dia telah bertobat secara terbuka. Dalam ajaran Buddha, ini disebut melenyapkan kegelapan batin. Tak peduli kondisi ekonominya baik atau tidak, selama dia memiliki cinta kasih, berarti dia memiliki kehidupan yang kaya. Inilah kekayaan batin. Jadi, jangan takut jika melakukan kesalahan, yang ditakutkan adalah tidak mau memperbaikinya. Orang yang memperbaiki kesalahan akan memiliki masa depan yang cemerlang dan penuh kebaikan.

Master berkata bahwa kekuatan manusia harus banyak dan cinta kasih harus luas. Artinya, kita harus memperluas pandangan hingga ke seluruh dunia, tidak membeda-bedakan agama ataupun kemampuan ekonomi. Jika semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih, warga kurang mampu akan berkesempatan untuk memulai hidup baru.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 21 November 2018:

心靈開闊生無量
Hati yang lapang membangkitkan cinta kasih tanpa batas

不同宗教愛共融
Beragam keyakinan memiliki cinta kasih yang sama

慈悲為室淨人間
Menyucikan dunia dengan cinta kasih dan welas asih

以法傳家安邦國
Mewariskan Dharma di dalam keluarga

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/8JywMi4vcZQ
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/yVDfGdTWQQs

Lentera Kehidupan