Lentera Kehidupan – 21 Agustus 2018
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

止惡增善勤修行
Menghindari Perbuatan Jahat dan Melakukan Segala Kebajikan

Sinopsis:
Berhubung telah terlahir sebagai manusia, kita hendaknya mendalami Dharma dan mempraktikkannya dalam menghadapi semua orang, hal, dan materi. Asalkan bersungguh hati, semua tugas bisa dituntaskan dengan saksama dan kita pasti bisa memahami kebenaran secara tuntas.

Selain itu, kita juga harus memiliki keteguhan. Jika pikiran bergejolak, maka kita akan mudah terpengaruh oleh ucapan orang lain dan mudah tergoda oleh pandangan keliru. Jadi, banyak waktu yang terbuang sia-sia karena kita berhenti di tempat dan tidak melangkah maju.

Benih baik ataupun buruk yang ditanam, semuanya akan berbuah suatu saat nanti. Karena menanam benih baik, kita bisa terlahir sebagai manusia. Namun, karena adanya benih buruk, kita hidup di tengah delusi. Kita tetaplah mekhluk awam yang hidup di tengah kegelapan batin dan delusi. Ini karena kita tidak bisa membedakan yang baik dan buruk. Jadi, setiap orang hendaknya menghindari perbuatan jahat dan melakukan segala kebajikan.

Seorang relawan Tzu Chi bernama Chen Yue-liang adalah mantan narapidana. Karena pengalamannya, dia memahami bagaimana perasaan para mantan narapidana yang merindukan rasa kekeluargaan. Dia mendirikan mes yang diberi nama “Rumah Bodhisattva” bagi para karyawannya yang juga merupakan mantan narapidana. Dia memberikan kehangatan dan cinta kasih insan Tzu Chi pada mereka.

Inti sari Lentera Kehidupan_tayang 21 Agustus 2018:

善惡雜揉受果報
Menerima buah dari perpaduan benih baik dan buruk

無明暴流濁惡世
Arus deras kegelapan batin mencemari dunia

堅定方向勤修行
Tekun melatih diri dengan tekad yang teguh

如法受持具圓滿
Berpegang pada Dharma untuk menjaga keharmonisan

Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/r8BpPUeHPeI
Youtube with English Subtitle :  https://youtu.be/-EPDzdPbAJM

Lentera Kehidupan