Lentera Kehidupan – 16 Mei 2017
Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Hari 18.45 wib, Tayang Ulang: 06.15 wib; 08.45 wib; 22.15 wib

三節合一報重恩
Peringatan Tiga Hari Besar

Sinopsis:
Di bulan Mei, kita memperingati tiga hari besar sekaligus, yakni Hari Ibu, Hari Kelahiran Buddha, dan Hari Tzu Chi Sedunia. Hari Kelahiran Buddha adalah hari penting dalam agama Buddha. Buddha lahir pada lebih dari 2.000 tahun lalu. Beliau lahir ke dunia bukan karena buah karma, tetapi karena hati-Nya yang penuh cinta kasih. Dengan jalinan jodoh itu, Buddha datang ke dunia demi satu tujuan, yakni untuk membuka hati, membimbing, menyadarkan, dan membuat semua makhluk menyelami ajaran.

Buddha memberi tahu semua orang untuk mengasihi dan menghormati diri sendiri sekaligus mengasihi dan menghormati orang lain. Setiap orang memiliki hakikat kebuddhaan. Setiap orang dapat menjadi Bodhisattva. Kita harus menapaki Jalan Bodhisattva baru dapat mencapai tataran kebuddhaan. Demi membantu semua makhluk mencapai kebuddhaan, Buddha mengajarkan praktik Bodhisattva. Karena itu, saat melihat banyaknya penderitaan di dunia, banyak Bodhisattva penuh cinta kasih yang terjun ke tengah penderitaan untuk melenyapkan penderitaan semua makhluk. Saat ada orang yang hidup dalam kerisauan, Bodhisattva akan menjangkaunya untuk melenyapkan penderitaan dan membabarkan ajaran baik.

Pagi hari tanggal 14 Mei, relawan Tzu Chi di Hualien, Taichung, Kaohsiung, dan Qingshui, mengadakan upacara pemandian rupang Buddha pada saat yang bersamaan. Bhiksu/bhiksuni dari beberapa vihara berkumpul bersama untuk berdoa bagi dunia. Selain di Taiwan, relawan Tzu Chi di seluruh dunia juga bersatu hati untuk berdoa dengan tulus semoga dunia aman dan tenteram, empat unsur alam selaras, dan kondisi iklim dapat bersahabat.

Intisari Lentera Kehidupan_tayang 16 Mei 2017:

開示悟入大因緣
Buddha membimbing semua makhluk agar membangkitkan kesadaran dan menyelami ajaran

三節合一至虔誠
Memperingati tiga hari besar dengan hati yang tulus

法師嘉賓齊祝禱
Para bhiksu/bhiksuni menghadiri upacara pemandian rupang Buddha

日日精進報重恩
Tekun dan bersemangat untuk membalas budi setiap hari


Youtube dengan Bahasa Indonesia Subtitle : https://youtu.be/o0yYlVX5ho4

Youtube with English Subtitle : https://youtu.be/HWHjDvlRu6Q

http://www.lenterakehidupan.com